Republic of Palau

KB Bridge

KB Bridge

Republic of Palau

Saat teman-teman tahu saya akan bekerja disana, semua bertanya-tanya dimana itu? Palu ya Nan? Sulawesi? Pulau Mana Nan?? Puluhan kali saya menjelaskan, walau sudah saya tulis di FB panjang lebar lengkap dengan peta. Juga sudah saya tweet berkali-kali, masih juga ada yang Tanya. Rupanya Palau memang sangat  tidak terkenal. Dan saya akan menghabiskan waktu 2 tahun disana, apakah saya akan bertahan dan baik-baik saja?

Saya tidak mau jadi orang bego di negeri orang, untunglah sekarang technology sudah canggih. Informasi bisa  didapat dengan mudah. Saya browsing tentang Palau, saya beli buku travelling tentang Palau. Rupanya memang belum banyak tulisan tentang Palau. Tapi setidaknya saya tahu sejarah, siapa presidennya dan apa saja yang bisa dilakukan disana.

Overview

Palau dulunya adalah milik Spanyol yang kemudian dibeli oleh Jepang. Saat perang Dunia kedua Jepang kalah perang kepulauan ini diambil alih oleh USA. Palau adalah sebuah Negara republic yang baru mendapat kemerdekaan dari Amerika Serikat pada 1996. Sama dengan Jepang, Negara ini dibawah pengawasan USA, maka tidak mempunyai angkatan bersenjata. Negara ini terletak di Samudra Pacific, di jajaran kepulauan Micronesia. Kalau masih penasaran, letaknya di atas kepulauan Raja Ampat Papua Indonesia dan di bawah Philippine. Berbahasa Inggris sebagai bahasa Nasional, bahasa daerahnya ada bahasa Palau. Mata uang US Dollar.

Airline

Penerbangan ke Palau bisa dari Denpasar dengan Korean Air, China Air atau United Air. Kabarnya ada yang via manado tapi menggunakan pesawat kecil. Korean Air terbang pukul 2 dini hari waktu Denpasar menuju Korea selama 6 jam menggunakan Boeng 777-300. Transit 11 jam di Incheon International Airport Korea. Pukul 8 waktu Korea lanjut ke Koror ibukota Palau terbang selama 5 jam. Kalau Pakai China Air dari Denpasar ke Taipe, transit di Toijuan International Airport selama 5 jam lalu lanjut ke Koror. Via United saya belum pernah J

History

Menurut sejarah dan sudah diakui juga oleh beberapa Palauan ( sebutan untuk orang asli Palau ) nenek moyang orang Palau dari Indonesia. Awalnya saya pikir dari Sulawesi, karena nelayan Sulawesi kan terkenal hebat sejak jaman dulu. Setibanya saya di Palau baru saya sadar sepertinya mereka bukan dari Sulawesi tapi lebih tepat dari Papua. Secara fisik, kebiasaan dan karakter mereka sangat mirip dengan suku Papua.

Bagi sebagian orang mungkin akan sulit beradaptasi dengan adat kebiasaan di Palau, tapi saya, saya langsung jatuh cinta pada hari pertama saya menginjakkan kaki disini. Alamnya, hutannya, flora, fauna dan yang paling penting suasananya…Papua bangetttt..I love Papua so..I love Palau as well.

Wisata di Palau

Pantai disini rasanya hanya bisa disaingi oleh keindahan Raja Ampat. Rock Island adalah nama tempat kembarannya Raja Ampat. Ada Jellyfish Lake yang seperti di Kakaban Kalimantan sono. Ini adalah Danau air tawar purba yang didalamnya ada ubur-ubur air tawar. Ubur-ubur ini sudah kehilangan kemampuannya untuk menyengat karena telah berevolusi selama ratusan tahun. Untuk sementara ini kabarnya hanya ada dua di dunia, di Palau dan di Kakaban Kalimantan Indonesia. Tapi disini hanya ada satu macam ubur-ubur, sedangkan di kakaban ada  4 species, well…I love Indonesia 😛

Ada juga fish sanitary atau fish pond tempat kita berhenti di tengah laut, terus nyemplung untuk ngasih makan ikan. Ikan warna biru berekor kuning langsung mendekati boat nyerbu makanan dari kita. Kalau berani bisa langsung ngasih ke mulut ikan, hanya saja kadang kegigit sampai berdarah hehehe… untung gak ada hiu. Soalnya Palau terkenal dengan “ Shark Sanctuary “. Rupanya Hiu ada di bagian lain di kepulauan ini.

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

