Thyphoon

Setahun saya di palau sudah beberapa kali mengalami typhoon, tapi dua kali yang paling besar. Typhoon Bopha pada Desember 2012 dan Typhoon Haiyan November 2013. Palau yang terletak di samudra Pacific memang rentan terhadap typhoon, karena merupakan jalur jalanannya typhoon yang menuju Jepang, Taiwan dan philiphine.

Saat saya baru 2 bulan di Palau Typhoon Bopha yang berkategori super typhoon terjadi pada 2 december 2012. Saat itu hotel tempat saya bekerja, tuan rumah di apartement saya semua heboh. Spa kita sampai harus tutup 2 hari karena Badai diperkirakan akan lama dan kerusakan yang ditimbulkan akan besar. Ngeri juga yak arena Spa kita tepat di tepi pantai, hotel mensiasatinya dengan menutup jendela kaca spa dengan plywood. Kita yang apartmetnya  deket pantai ngungsi ke Apartment teman di downtown.

Kami dari Indonesia yang jarang kena badai agak panic juga melihat orang-orang Palau heboh. Anak- anak di apartement ada yang ikutan panic dan nangis. Saya harus meyakinkan  dan mengajak berdoa bersama agar mereka lebih tenang. Saat yang ditungu-tunggu akhirnya datang. Angin memang cukup kencang, beberapa pohon tumbang, di jalan, sekitar apartement, pohon di Resort juga. Atap juga pada terbang mayoritas yang terbuatdari seng. Tapi semua baik-baik saja. Tidak seheboh persiapannya 🙂

Bopha sangat merusak dan menghacurkan philiphine khususnya Mindanao. Sebanyak1.300  orang tewas dan rumah rusak. Bila itu terjadi di palau ( bukan hanya lewat ) pasti parah karena rumah di Palau banyak yang belum permanent.

Kemudian datang typhoon Haiyan pada 6 November 2013. Mungkin karena tahun sebelumnya saat Bopha tidak banyak kerusakan yang terjadi, maka tahun ini  pemilik apartment tidak menutup jendela dengan plywood, hanya isolasi. Kami pun memutuskan untuk stay together di apartment, gak pake ngungsi. Rupanya Haiyan lebih besar dan menimbulkan kerusakan lebih parah. Pohon-pohon besar tumbang, atap gentengpun sampai jatuh, Kayangel island Palau hancur berantakan. Dan seperti tahun sebelumnya Haiyan hanya melewati Palau, super thyphoon Haiyan merusak wilayah Visayas Philiphine. Menewaskan sekitar 5.924 orang dan merupakan badai terdasyat yang terjadi di daratan. Turut bersedih dan prihatin atas musibah Bopha & Haiyan, walaupun kita juga bersyukur karena Palau masih baik-baik saja.

Spa kami kali inii masih utuh hanya kebun yang berantakan, kita tidak libur, langsung buka dan diserbu tamu 🙂  Apartement kami banjir air laut 😦  Bapak sihhhhh!!! Kenapa gak pasang plywoodddd!!!!

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s