Bali ( Paradise Island )

Sunset view from Menega Cafe KedongananDi jaman serba canggih seperti sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk Mengakses internet. Dari sana berbagai informasi tentang tempat wisata, hotel dan tempat makan dengan mudah di dapat. Demikian juga bila anda ingin berlibur ke Bali untuk pertama kalinya. Tidak perlu bingung atau susah-susah nyewa guide atau ikut tour, anda bisa searching via booking.com atau expedia untuk pemesanan hotel, tiket pesawat bahkan rent car. Atau coba cari informasi di trip advisory tentang hotel yang akan kalian book selama di bali.

Tourist di Bali terkonsentrasi di wilayah Nusa Dua, Sanur, Kuta dan Ubud. Sekarang daerah Candidasa wilayah karangasem mulai berkembang sejak Amed dikenal sebagai salah satu diving spot terindah di kalangan diver eropa. Dimana anda akan tinggal, tergantung apa saja interest anda saat anda akan menghabiskan liburan di Bali.

Nusa Dua, Badung

Kawasan ini terkenal sebagai kawasan elite, BTDC adalah kawasan hotel bintang 5 di Nusa Dua. Tourist Eropa, atau tamu kalangan berduit yang tinggal disini, biasanya orang tua, yang liburan sekeluarga, executive atau business men.  Disini hotelnya banyak yang punya private beach, jadi tiap hari bisa berjemur di pantai sesukanya, tinggal keluar kamar. Bila suka wisata air di sini banyak penyewaan boat, banana boat, paraselling, snorkeling dan diving juga ada. Atau bila mau jalan-jalan naik unta, bisa ke Nikko Bali Hotel, di dekat situ ada camel riding.  Kalau mau menikmati pantai Nusa Dua yang tenang tapi anda bukan tamu hotel, bisa ke public beach di belakang pusat perbelanjaan “ Bali Collection” ( masih di wilayah BTDC juga ).

Rate hotel di wilayah ini berkisar antara USD 137 ke atas. Mau makan juga gampang, kalau bosan dengan makanan hotel, silahkan berjalan kaki menuju daerah pratama atau tanjung benoa, banyak restaurant dengan bermacam menu bisa di pilih. Atau kalau mau yang ringan-ringan saja, cobain “ Honey & Bread” di By Pass Nusa Dua, tepatnya di dalam Pepito Express. Kopi dan the nya enak, dinikmati bersama berbagai macam Roti, Pastry atau light food lainnya.

Ungasan, Kuta Selatan

Bila anda sering mendengar dream land beach atau New Kuta area, itu di daerah ungasan. Dulunya ini hanyalah bukit gersang yang kemudian di sulap oleh salah satu konglomerat Indonesia menjadi kawasan perumahan, hotel dan club elite ( ada restaurant dan bar juga ). Pantai Dreamland ini yang dulu sempat di pakai shooting group “ Michael Learn to Rock” untuk video clipnya berjudul SOMeDAY kalau gak salah, pantai ini adalah surganya peselancar.ombaknya gedeee…dan favevorite untuk para photographer saat sunset untuk diabadikan di foto-foto pra wedding. Selain Dream land, ada pantai Padang-padang yang airnya tenang enak buat berenang, seperti private beach karena tertutupbukit karang. Bagi yang suka rock climbing disini juga tebingnya sangat menantang untuk dipanjati, coba dhe..

Daerah ini banyak villa dan hotel berbintang dengan pemandangan spektakuler, sebut salah satunya adalah Bvlgary Hotel. Makan juga banyak warung makan, atau makanan hotel. Jangan lupa cobain BUBU Restaurant untuk Sea food dengan taste yang tidak mungkin mengecewakan.

Kedonganan, Badung

Tempat ini terkenal karena banyaknya caffee tepi pantai yang menjual menu sea food. Awalnya tempat ini adalah pasar ikan, karena di kedonganan sendiri adalah kampung nelayan. Kemudian di sepanjang pantai kedonganan banyak bermunculan caffee atau restaurant yang menjual menu Sea food BBQ. Pemandangannya jadi indah bila malam tiba, dan makan disini jadi menyenangkan karena suasananya enak. Salah satu favorite saya adalah Menega Caffee, walaupun menu yang di tawarkan hampir sama, tapi taste nya setiap caffee berbeda-beda 🙂 Harganya  tergantung apa yang kita makan, yang paling murah ikan dan yang paling mahal Lobster.

Kuta, Legian dan Seminyak

Pantai Kuta sudah lama dikenal sampai manca Negara. Disini banyak yang surfing, belajar surfing, jemuran, main pasir, massage juga ada. Pada saat tertentu kita bisa menyaksikan upacara keagamaan disini, atau pelepasan tukik ( anak penyu ) ke Laut. Harga hotel disini banyak yang murah dan cocok untuk backpacker, sekitar USD 11 masih dapat lah…Bagi yang suka clubbing,  paling cocok tinggal disini, bisa clubbing dari jam 9 sampai 3 dini hari. Biasanya anak-anak muda suka tinggal di Kuta area ini, selain harga penginapan yang relative lebih murah, variasi makanan banyak dan hiburan malam tinggal pilih mau yang seperti apa. Gak enaknya ya itu…macet, bising dan susah parkir. Kalau yang suka belanja, banyak boutique di daerah seminyak dan legian, jangan khawatir atau takut harganya pasti mahal. Karena mereka sering kok sale, dan rajin aja keluar masuk boutique, karena ada yang tampilan boutiquenya spektakuler tapi harga bajunya gak mahal. Seperti yang sudah saya sebutkan terdahulu, gampang cari makan disini. Dari makanan tradisional, eropa, amerika latin, jepang, apa aja dhe ada. Kalau mau coba makan enak sambil nonton Bola atau Australian football, coba STADIUM café. Letaknya di Kuta side walk jalan kartika plaza. Makananya porsi besar dan tasty. Di sepanjang kuta side walk ini banyak restaurant milik Rama Group seperti BLUE fin yang menyajikan Japanese fusion, Sea Food House menyajikan Chinese food dengan rasa heeemmmm…cobain bebek pekingnya!

Sanur

Tourist yang tinggal disini biasannya dari kelas menengah, gak kaya-kaya banget tapi ya gak gembel=gembel banget. Suasana disini juga mix, ada caffee, restaurant dengan harga yang bervariasi. Harga hotel berkisaran USD 86 ke atas, warung makan murah juga banyak. Yang saya suka disini adalah pantainya, kalau sedang low tide kita biasa main kano sampai puas. Kalau sudah capek, manggil mbok yang jual lumpia, makan dhe lumpia goreng bali …asyeeekkkk!!! Kalau mau makan enak dengan view yang romantic cobain Bonsai restaurant ya.

Ubud

 Pada awal tahun 2000an ubud sempat booming dan popular di kalangan tourist Jepang dan Eropa. Tourist-tourist kaya ini berlibur ke Ubud untuk mendapatkan suasana tenang, pegunungan, rice field, bila beruntung bisa menyaksikan upacara keagamaan kerajaan Ubud. Sekarang ubud sudah tidak se ramai pada masa kejayaanya, tapi keindahan Ubud masih sama. Banyak hotel mewah disini dari Four Season sampai Villa mewah yang kabarnya pemiliknya orang Israel ( searching aja kalau penasaran ) 🙂 Disini sering ada event international seperti festival kopi, Ubud Writers & Readers Festival.

Bila ingin liburan sehat boleh mencoba paket menginap di Como Shambala, disini disiapkan makanan sehat, yoga, pilates, spa yang semuanya dijamin dibawah pengawasan ahlinya. Hotel bagus, suasana top dan service yang super ( jangan kaget dengn harganya yang super juga ya). Jangan lupa mencicipi nasi campur kedewatan, rasanya sangat pas di lidah saya, manis, asin, pedes…wowww…bikin kangen pengen selalu kesini.

Candidasa, Karangasem

Bagi yang suka scuba diving, silahkan kesini. Hotel disini sudah banyak dengan harga yang bervariasi, makanan juga gampang banyak restaurant atau kalau mau backpacker ya makan di pasar senggol ( enak dan murah ). Bila ingin diving tapi gak punya diving license boleh coba Sea walker, atau naik kapal selam mini. Yang hobby mincing, disini juga bisa mincing pake boat, ikannya gede-gede gak rugi dhe…

Kalau mau makan dengan suasana romantic, coba makan di Garpu restaurant. Letaknya di dalam Hotel Rama Candi Dasa Resort & Spa. Spanya juga cantik, sempat dipakai shooting untuk acara comedi Office Boy, namanya Rama spa managed by Ambiente.

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s