Swimming

Indonesia adalah negera kepulauan yang anehnya banyak orang Indonesia  gak bisa berenang, termasuk saya 🙂  Saya mulai belajar berenang saat berumur 22 tahun, di kolam renang dan langsung bisa. Hanya saja untuk membuat menjadi jago, gak takut air itu bukan hal yang mudah bagi saya. Saya takut air ( hydro phobia ), suami saya sering memanggil saya kucing, jadi untuk bisa berenang adalah suatu tantangan besar.

Saat saya tiba di Palau, saya merasa sangat rugi kalau tidak explore kekayaan bawah laut Negara ini. Lalu..bagaimana saya bisa explore kalau renangnya gaya takut takut air hehehe. Maka saya memutuskan untuk mengambil diving license, teman-teman saya di Palau menyarankan sebelum Diving sebaiknya saya mahir berenang dulu. Akhirnya hampir setiap hari saya nyemplung  di laut, mengasah kemampuan renang saya. Tempat renang saya di Long Island, Malakal atau di KB Bridge, Airai side.

Saya tahu bahwa setelah kontrak kerja saya berakhir dan kembali ke Indonesia, maka kemungkinan untuk mengunjungi Palau sangat kecil. Jadi kapan lagi kalau bukan sekarang. Lama-lama kemampuan renang saya bertambah, dari hanya sekedar gaya katak dan renangnya selalu nyari pinggiran atau seseorang untuk pegangan, sekarang sudah mulai bisa berenang sendiri. Renang gaya bebas juga sudah bisa, dikiiittttt 😛 Mengatur buoyancy agar mengapung di tengah air dalam juga sudah bisa, jadi kalau tiba-tiba kram kaki, gak panic lagi karena bisa ngapung di air.

Dulu setiap mau berenang, saya harus mengumpulkan keberanian saya dulu. Rendaman dulu di air, nyelam dulu dikit-dikit, baru berenang. Sekarang, begitu lihat laut, langsung nyemplung 😀  Saya sudah bisa menggunakan alat snorkeling, sehingga bisa menikmati keindahan koral dan ikan di tempat dangkal. Setelah bisa berenang saya baru menyadari bahwa lebih asyik dan lebih mudah mengapung di air laut dari pada di air kolam. Makanya berenang di laut gak ada capeknya…senengnya lebih banyak…

Jadi kesimpulannya, bila menginginkan sesuatu usahakanlah dan jangan mudah menyerah.  Bisa karena biasa, practice makes perfect. Dunia ini sangat indah, jangan hanya hidup dalam Koper, keluarlah lihat dunia. Coba hal-hal positive yang belum pernah kamu coba. Walaupun hidup kamu nyaman, cobalah untuk keluar dari rutinitas. Karena kalau kamu belum pernah mencoba kamu tidak tahu rasanya. Cobalah!!! Bila tidak suka, setidaknya kamu pernah mencobanya, bila suka siapa tahu bisa jadi hobby baru yang mengasikkan. Bayangkan saat tua nanti betapa monotonnnya cerita yang anda sampaikan kepada anak cucu bila hidup anda hanya hitam dan putih.

Cross your limit, you will be more happiness

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

