Baby Shower

Baby shower di Palau adalah pesta penyambutan anak pertama dalam sebuah keluarga. Acara ini juga dianggap sebagai acara pengesahan secara adat dari sebuah perkawinan. Dulunya hanya dilakukan satu kali, pada anak pertama, sekarang bisa dilakukan 2 kali bila itu anak pertama dari sang Ayah. Di Palau tidak ada pernikahan resmi, mereka hanya nikah adat atau tidak nikah sama sekali hanya tinggal bersama.

Sebelum diadakan Baby Shower keluarga pihak laki-laki datang ke keluarga perempuan dan menanyakan berapa mahar / mas kawin yang diminta. Setelah disepakati maka acara diadakan di rumah pihak wanita. Semua makanan dan keperluan untuk acara baby shower disediakan oleh pihak laki-laki, pihak wanita hanya menyediakan tempat dan sekedar buah-buahan, dibuat seperti gebokan di bali tapi lebih semrawut 😛

Walaupun istilahnya Baby shower tapi bayi gak diapa-apain saat upacara berlangsung, yang di jadikan obyek adalah ibunya. Sang ibu sebelum keluar dari rumah badannya dilumuri cairan kunyit, di pakaikan pakaian adat, menggunakan perhiasan ikat pinggang dari kulit penyu dan memegang hand bouquet.

Yang seru pada saat acara ini adalah acara saweran 😛 disetiap Baby shower mereka akan menyewa organ tunggal dengan penyanyinya. Sang musisi akan menyanyikan sebuah lagu dan penonton/pengunjung bila suka boleh maju ke atas panggung ikut menari sambil membawa uang ( biasanya pecahan  $. 1 ) yang nantinya disawer ke sang penghibur 😛 Penonton bisa maju berkali-kali dan katanya bisa ngabisin sampai $ 100 saat Baby Shower ini hanya untuk nyawer hehehe…niat amat yak!!!

Saat matahari meninggi Sang Ibu keluar dari rumah dan di dendeng di tengah-tengah panggung, ngapain? Dinyanyiin lagu kemudian si Ibu goyang-goyang dikit, datang dhe lagi penonton yang pada nyawer, kali ini si Ibu yang di sawer.  Hampir 90% yang nyawer pada Baby Shower yang saya datangi adalah wanita, kemana Bapak-bapaknya ya? Minum sampai mabok hehehehe….

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s