Ngayogyakarta Hadinigrat

Zoo Garden " Gembira Loka "

Zoo Garden ” Gembira Loka “

Jogja berhati Nyaman, itu semboyannya. Bagi saya itu semboyan yang sangat pas untuk menggambarkan suasana Jogja. Bagaimanapun pesat perkembangan dan kemajuan di Jogja, kita masih bisa menemukan kesederhanaan penduduknya, keramahan dan kepolosan warga sekitar yang menimbulkan perasaan nyaman saat tinggal di kota ini.

Dikenal juga sebagai kota pelajar, karena banyaknya pendatang yang bersekolah disini. Banyak orang tua dari penjuru Indonesia  bahkan mancanegara menyekolahkan anaknya disini. B erharap sang anak nantinya berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan nilai yang memuaskan J Apa mau di kata tidak semua impian selalu menjadi kenyataan, ada yang berhasil ada juga yang pulang membawa istri bahkan plus anak. Tapi apapun itu, jogja selalu menyenangkan, menyimpan banyak kenangan di setiap sudut kotanya dan juga banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Di jogja kita bisa menikmati pantai, gunung, mall, sawah, goa, arung jeram..waahhh..apa aja ada. Tinggal bikin list apa yang mau dilihat dan dinikmati disini.

Hotel

Kalau ini gampang tinggal browsing aja, mau hotel yang bintang 5 atau mau yang Guest House. Harga kamar disini jauh lebih murah daripada di Bali. Kamar Hotel Bintang 4 di sekitaran jalan Solo dijual dengan harga Rp. 600.000, keatas.

Transport

Mau sewa mobil yang agak mahal disini, bila dibanding dengan Bali. Kalau di bali kita bisa dapat harga mulai dengan Rp. 100.000 di Jogya paling murah Rp. 250.000 kadang bukan dihitung sehari tapi per 8 jam. Kalau mau naik taxi bisa hanya agak mahal, atau bis kota murah meriah tapi agak ribet. Kalau mau santai coba aja naik becak ( tapi sering kasihan sama Bapak penarik becaknya ).

Wisata

Banyak  pantai di Jogja, tapi yang terkenal adalah Pantai Parang Teritis ( biasa disebut juga Pantai Laut Selatan ) dan Pantai Samas. Pantai Samas ombaknya besar gak bagus buat renang, Parang Teritis juga agak bahaya, sebaiknya dinikmati saja, banyak yang sering keseret arus. Pantai Baron tepat buat yang suka masak Seafood, karena biasanya dijual udang besar dan lobster dengan harga murah.

Kalau  suka wisata gunung, silahkan ke Kaliurang di kaki Gunung Merapi. Salah satu gunung aktif diwilayah Jawa Tengah, ada banyak losmen dan penginapan yang disewakan perhari atau perbulan. Kalau ke Kaliurang jangan lupa beli “ Jadah Tempe Bacem “ Makanan khas Jawa yang terbuat dari Ketan putih di campur dengan parutan kelapa muda, dimakan bersawa tempe yang dimasak manis dengan brown sugar, ground coriander, galangal and salt. Udara yang dingin makan jadah tempe…hemmmppp enakkk!!!

Situs budaya candi banyak terdapat di Yogyakarta, ada candi agama Budha Borubudur di dekat wilayah Magelang. Candi peninggalan agama hindu, Prambanan di wilayah Klaten. Dan banyak candi-candi kecil tersebar di sekitar Jogja.

Wisata Keraton juga jangan ketinggalan. Disana kita bisa melihat sejarah kerajaan Mataram sejak jaman Raja-raja dulu, masa penjajahan sampai sekarang. Kalau capek keliling keratin bisa istirahat di Alun-alun, dan mencoba masuk di antara dua beringin ( Waringin Kurung ). Banyak orang jual makanan di Alun-alun. Kalau sudah sampai keratin jangan ketinggalan ke Taman Sari ya, itu dulu merupakan tempat pemandian putrid-putri Raja.

Pasar Ngasem dekat dengan Keraton Kesultanan Yogyakarta ( masih masuk daerah keratin juga sih ). Ini merupakan pasar burung, lumayan bersih lah. Ada orang jual soto and es cendol enak di dalam situ. Dulu waktu masih SMA sering kesini dengan almarhum Papa. Papa setiap seminggu sekali pasti ke Ngasem, beli burung, makanan burung or just wanna listen the birds sound 🙂

Belum lengkap rasanya ke yogya kalau belum ke Malioboro, Jogja iconic place 😛 Di sepanjang Malioboro kita bisa menjumpai Toko mulai dari penjual makanan, toko obat, toko emas, toko baju and Mall. Belum lagi penjual souvenir di kaki lima, penjual makanan, buah, batik…wahhh semuanya ada. Kalau hanya sebentar liburan ke Jogja, harus ke Malioboro, karena sudah semua ada disini. Pasar tradisional Beringharjo terdapat di ujung Malioboro sebelum Benteng Van den Berg. Pasar ini tidak hanya menjual makanan segar/basah dan makan kering tapi juga Baju dan elektronik.

Masih banyak lagi tempat yang harus dikunjungi, nanti saya tulis lain waktu. Selamat datang di Jogja 😉

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Jogja and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ngayogyakarta Hadinigrat

  1. Cokky says:

    Nah ini enak buat dibaca mbak. Ngga formal banget gaya bahasanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s