Flight

Boarding KE

Sejak umur 5 tahun saya sudah terbiasa naik pesawat. Dari pesawat komersial Garuda, Merpati, Air Asia, sampai pesawat kecil jenis Cesna atau cassa, pesawat Hercules milik ABRI bahkan helicopter. Hanya saja yang saya jelajahi adalah Indonesia Raya, belum pernah ke luar negeri sama sekali 😛

Perjalanan tugas saya ke Palau merupakan penerbangan luar negeri saya yang pertama. Saya berangkat menggunakan Korea Air dengan penerbangan KE 648 tujuan Denpasar Incheon, Korea Selatan. Yang nantinya berlanjut ke Koror Palau dengan KE 677. Karena merasa semua sudah diurus kantor maka saya tidak terlalu memperhatikan detail flightnya. Sesuai dengan ketentuan kalau tujuan internasional  harus sudah check in 2 jam sebelum keberangkatan. Pesawat saya pukul 1.45 dinihari tanggal 17 Oktober, maka saya harus sudah check in pukul 11.45 malam tanggal 16 Oktober. Saya sudah sampai bandara Ngurah Rai pukul 11.15, saat check in baru tahu kalau hanya boleh bawa 1 luggage free sisanya bayar. Dan satu bagasi hanya boleh 23kg maksimum. Yewww….kalau Cuma sedikit dan ringan saya hand carry aja, tapi ini berat, jadinya saya bongkar semua barang di bandara dan hanya bawa yang perlu-perlu saja. Masalah bagasi beres, timbul masalah kedua lay over saya di incheon kelamaan. Maksimal 12 jam saya lay over 36 jam, pihak Korea Air takut ada masalah nanti di Incheon saya disuruh nelpon kantor. Haiyaaaa ..!!! Jam 12 malam gak ada yang bisa dihubungi, saya mulai panic, untung suami saya masih nungguin saya di keberangkatan internasional. Akhirnya saya disuruh tanda tangan surat pernyataan kalau saya tidak akan keluar dari Incheon dan KE tidak bertanggung jawab kalau ada apa-apa dengan saya di Korea sono.

Akhirnya beres juga. Satu travel bag dan sisa barang, saya titip ke suami. Saking paniknya sampai gak bilang apa-apa ke suami and langsung ngacir. Saya bersama dua cewek Jepang yang terlambat datang lari-larian menuju Imigrasi. Masalah ketiga, kita di tolak dengan alasan belum bayar airport tax. Lha gimana mau bayar wong petugas Airport taxnya sudah gak ada 😦 msa gara-gara gak bayar airport tax jadi gagal terbang. Mau nangis rasanya, sudah capek, ngos-ngosan, petugas imigrasinya jutek!!! Kenapa ya kebanyakan petugas imigarsi sok jutek ( tanda Tanya besar ). Untung Bapak-bapak yang dari korea Air nyusul kita dan minta ijin ke petugas imigrasi biar kita bisa naik pesawat. Aduh…nama saya sudah di panggil berkali-kali. Saya dan dua cewek Jepang itu akhirnya nitip uang ke Bapak petugas buat bayar airport tax. Lari-larian lagi ke pesawat, nyampe pesawat, nyari tempat duduk, masukin hand carry ke cabin locker. Baru bisa duduk tenang sambil keringetan basah kuyup.

Akhirnya saya menikmati penerbangan dengan Boeng 777-300, seperti kebiasaan saya kalau travelling sendirian…TIDUR!!! Pukul 6 pagi dibangunkan sama pramugari KE yang langsing dan cantik, ditawarin sarapan. Pukul 8 sampai di Incheon international airport, dijemput oleh pihak KE diantar ke counter untuk check in sehingga nantinya tinggal boarding. Saya salah ticket, harusnya berangkat juga dihari yang sama yaitu tgl 17, tapi karena tidak ada penerbangan keesokan harinya baru depart. Akhirnya saya check in di Transit Hotel Incheon dalam bandara, menunggu penerbangan saya keesokan hari.

Besoknya tanggal 18 Oktober, penerbangan saya jam 8 malam KE 677 dengan pesawat yang lebih kecil menuju Koror. Pengalaman 36 jam saya di Incheon international airport saya ceritain lain waktu ya. Pesan saya kalau baca tiket yang teliti ya biar gak salah jadwal, saya juga pernah ketinggalan pesawat gara-gara penerbangan dinihari. Kedua, kalau mau bawa luggage di bagasi pastikan berapa kilo free luggagenya karena tidak setiap maskapai penerbangan sama. Ketiga, kalau pakai tiket terusan ( gak direct flight ) pastikan jamnya matching gak. Kalau lebih dari 12 jam lay over perlu pakai VISA tidak. The most important is…Enjoy your flight 😀

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.