Cherry Blossom ( Sakura )

Orang Jepang biasa menyebutnya Sakura. Saya sebagai orang awam dulunya mengira Sakura hanya hidup di Jepang. Ternyata Sakura atau Cherry Blossom selain di Jepang tumbuh juga di USA, Korea, China dan Canada.  Di Jepang, Cherry Blossom tidak hanya tumbuh di hutan, tapi di tanam di halaman rumah, di tepi sungai, dan di taman kota.

Kenapa Cherry Blossom begitu popular di Jepang, karena mereka mempunyai tradisi piknik di bawah pohon  yang bunganya sedang bermekaran, HANAMI festival ( festifal bunga sakura ). Waktu mekar  cherry blossom adalah 2 minggu, setelah itu petal akan berguguran digantikan dengan daun.  Saat bunga berguguran ditiup angin inilah saat paling indah untuk menikmati HANAMI…Yoshino Cherry yang banyak ditanam di taman-taman kota saat gugur seperti salju…kereeennnn!!!!!

Ada lebih dari 100 jenis pohon cherry yang tumbuh di Jepang, sebagian asli dari Jepang dan hidup di hutan-hutan  ( misalnya Yamazakura ), sebagian lagi dikembang biakkan oleh manusia dan dibawa dari luar Jepang. Sakura bisa dibedakan jenisnya dari :

Jumlah Kelopak

Kelopak bunga sakura ada yang terdiri dari 5-10-20 atau lebih. Yang jumlah kelopaknya 5 petal dinamakan Yoshino, yang lebih dari 5 petal dinamakan Yaezakura.

Warna

Cherry blossom ada yang berwarna pink, pink pucat sampai putih, kuning, bahkan hijau.

Waktu berkembang

Yoshino Cherry

Yoshino Cherry

Cherry blossom berpetal 5 biasanya mekar lebih dulu, kemudian disusul dengan yang berpetal banyak. Yoshino Cherry yang berwarna pink pucat keputihan mekar paling awal, biasanya akhir Maret sampai awal April.

Weeping cherry atau yang biasa disebut dropping cherry mekar pada awal sampai pertengahan April

Kawazakura

Kawazakura

Kawazakura ( berwarna pink berpetal 5 ) mekar pada pertengahan april sampai akhir April.

Ichiyo ( berwarna pink pucat dengan 20 petal ) mekar pada pertengahan april hingga awal Mei

Kanza ( berwarna pink dengan 30-50 petal ) mekar pada akhir April sampai awal Mei

Kikuzakura

Kikuzakura

Dan yang paling akhir mekar adalah kikuzakura atau biasa disebut Chriszantium Cherry. Berpetal banyak sehingga menyerupai bunga chrissan.

Cherry Blossom mulai mekar saat musim semi tiba ( Spring ). Dimulai dari Jepang selatan dan berakhir di Jepang Utara. Hokaido adalah tempat yang harus anda kunjungi bila ingin melihat sakura tapi sudah tidak ditemukan lagi di sekitaran Tokyo.

Cherry Blossom merupakan bunga kebanggaan Jepang, mereka memakainya sebagai identitas Negara. Tercetak di uang logam 100 yen, dan di VISA Jepang. Saat spring tiba seluruh Jepang menyambut dengan menyediakan makanan, minuman, yang berbau cherry blossom. Tour juga banyak dibuat/ dirancang oleh travel agent untuk menikmati Hanami, jadi pilihlah musim semi saat ke Jepang. Udaranya tidak terlalu dingin, tidak banyak hujan dan tidak lembab, yang paling penting…Cherry Blossom still blooming 😀

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Japan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cherry Blossom ( Sakura )

  1. anni says:

    sakura itu asalnya dari perbatasan china korea, di sekitar pegunungan peninsula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s