US Embassy at Palau

Sunset @ Guam

Sunset @ Guam

Bila bukan karena pesawat saya transit di Guam maka saya tidak akan pernah membuat Visa US. Betapa arogannya atau mungkin juga hiperbola, untuk transit di US territory kita diminta untuk membayar VISA. Biasanya bila tidak lebih dari 12 jam bisa stay di airport untuk menunggu penerbangan kita selanjutnya. Bahkan di Taiwan dan Korea  bila kita stay overnight boleh keluar dari airport untuk stay di hotel, hanya saja passport ditahan pihak imigrasi, atau hotel bersangkutan.

Biaya Visanyapun tidak murah, ok lah bila kita memang mau liburan USD 160 worth it lah. Tapi bila hanya transit 3 jam??? Too much!!! Rupanya crew airlines pun juga sama, bussines, student, exchange visitor dan journalist semua membayar seharga USD 160.

Penjagaan di US embassy juga ketat. Tidak seperti di kedutaan Jepang atau kedutaan Taiwan, maklum ya..US kan memang banyak musuhnya 😀 Masuk di area US embassy kita akan dihadang oleh gerbang dan security di dalam kaca ( Ibu-ibu yang selalu judes ) akan bertanya ada keperluan apa kita datang. Setelah Ibu security meminta kartu Identitas kita mereka akan menghubungi  petugas yang bekerja di bagian VISA apakah kita sudah ada janji.  Bila confirm maka pintu gerbang akan dibuka, kita masuk ke ruangan screening, security disini mas-mas Palauan muda dan lebih ramah. Kita diminta untuk mengeluarkan semua barang dari metal dan cairan, semua harta benda berserta identitas mereka tahan. Kemudian  kalau kita masih ingin membawa tas kita masuk, maka tas akan di screening lagi..bahkan tender care ( cream untuk kulit ) tidak diijinkan dibawa masuk. Lolos dari screening pintu menuju urusan Visa dibuka, kita jalan keluar gedung menuju gedung lain. Pemandangan dari Us embassy spektakuler, sayang kita dilarang memotret.  Pintu ruangan urusan Visa terbuka, kita disuruh masuk dan menuju ruangan khusus VISA.

Ibu-ibu  Palau ramah yang menyambut kita, syukurlah…soalnya tadi sudah jiper gara-gara Ibu security judes di depan J Ibu ini meminta semua data kita dan memprosesnya, kita diminta sidik jarinya kiri kanan. Saya baru tahu ini link ke seluruh US territory. Karena saat saya masuk Guam sidik jari saya di cek online juga untuk mencocokkan. Kalau misalnya system ini ada yang nge-hacker kacau kali ya hehehe… Ada 5 antrian termasuk saya yang apply US Visa, sebenarnya prosesnya cepat. Hanya saja urusan sidik jari online ini yang menghambat, karena Palau kan jaringan IT nya kacau and poor banget. Jadi sering offline online..heeee…. kan kacau kalau semuanya minta online, belum di hacker udah masalah 😛

Setelah sistemnya kembali normal saya diminta untuk masuk ruangan interview. Bapak-bapak yang handle disini baik dan ramah jadi tidak menakutkan.  Pertanyaan seputar kenapa minta US Visa, kalau transit akan berapa kali entry, asal dari mana, kerja dimana, tidak ada pertanyaan sulit. Mungkin karena saya Alien in transit jadi lebih mudah dari pada kalau mau liburan kesana. Sudah selesai kita diminta menelepon US embassy dua hari kemudian untuk mengetahu approve tidaknya Visa kita.  Done..MISSION ACCOMPLISHED…!!!

 

 

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s