Everything is Possible

Saya takut air 🙂 Suami sering menjuluki saya kucing. Saya takut kedinginan, maka selalu mandi pakai air hangat meskipun cuaca panas. Kalau saya paksakan mandi dengan air dingin maka saya akan menggigil sampai biru-biru dan telapak tangan sakit seperti di tusuk-tusuk. Jadi kalau tidak ada air panas lebih baik saya gak mandi sekalian 😛

Karena takut air otomatis renang imposible bagi saya. Bagaimana mau renang kalau kena air sedikit saja sudah menggigil? Tapi rupanya keinginan dan kekuatan hati itu bisa menembus halangan apa saja! Saat berumur 22 tahun saya paksakan untuk belajar berenang. Waktu mau nyemplung perlu waktu 30 menit lebih untuk menguatkan hati, preparationya ampunnnn dhe!!!! Padahal hanya dalam sehari saya sudah langsung bisa berenang, tapi setiap ke kolam renang mau nyamplungnya butuh waktu lama. Hal ini berlangsung lama, saya masih phobia bila melihat air yang banyak. Sampai saat saya kerja di Palau. Palau surrounding by sea, saya harus mahir berenang!! Maka hampir setiap day off saya berenang di laut, dicatat ya…laut bukan kolam renang 🙂 Karena biasa, otomatis saya tidak takut lagi dengan air dingin, tidak phobia lagi dengan air yang banyak. Setiap mau berenang sekarang tidak perlu 30 minutes preparation lagi,,datang ke pantai langsung nyemplung!

Diving adalah hal yang tidak pernah saya bayangkan akan saya lakukan. Bagaimana mau diving wong nyelup di air saja panic? Saat kuliah saya banyak mendengarkan teman-teman bercerita bagaimana asyiknya diving, tapi saya tidak tertarik. Saat kerja di Palau, banyak tamu yang menceritakan pengalaman diving mereka, indahnya alam bawah laut. Vice president saya juga sempat share pengalaman dia diving di Nusa Penida ketemu sun fish…wahhh..makin tertarik saya untuk mencoba diving. Akhirnya saya kuatkan niat saya, saya harus ambil Diving Licence. Gak tanggung-tanggung,saya gak  ikutan intro diving dulu…langsung ambil Open Water Diving licence! Waktu saya tidak banyak, bulan depan saya sudah balik ke Indonesia. Setidaknya Diving Licence yang saya dapat di Palau merupakan salah satu kenang-kenangan buat saya selama tinggal dua tahun di negara ini..

Saya bersama Kanako teman asal Osaka, berdua kita nekat ambil licence. Di umur kita yang sama-sama 39 tahun tentu beda dengan mereka yang masih muda. Stamina dan daya ingat tak lagi sama seperti saat teenager atau pas kepala dua. Kita harus menghapalkan gear, penggunaanya, cara menyelamatkan diri bila ada masalah di bawah laut, tidak hanya praktek tapi di hari terakhir ada test tertulis juga. Hari kedua saat menggunakan wet suit saja kita berdua sudah kehabisan nafas…ketawa-ketawa berdua. Mungkin bagi sebagian orang mendapatkan Diving License tidak sulit, tapi bagi saya yang hydrophobia that was a big moment. Saya harus mengalahkan rasa takut saya. Ada nenek-nenek Jepang yang ikutan trip kita ( satu boat ) sejak hari pertama. Pada hari terakhir mungkin beliau melihat wajah saya yang khawatir dan kelelahan, dia berusaha menyemangati saya “ Good luck ya..fighting! Gambate!! “ Terharu saya, hari itu adalah divingnya yang ke 100 kali. Beliau masih kuat diusia senja, nenek-nenek yang tidak saya kenal itu memacu semangat saya dan Kanako. GAMBATEEEEE!!!!!

Akhirnya di bulan terakhir saya bertugas di Palau, I’ve got my diving license. Senang? Bukan hanya senang, tapi juga bangga. Gak semua orang bisa jadi Diver, gak semua orang berkesempatan melihat keindahan bawah laut. Saat diving di rock island terakhir kemarin tidak hanya ikan terumbu karang saja yang bisa saya temui tapi juga Blacktip Reef Shark. Takut? Gak tuhh…malah exiting banget. Betapa manusia bisa sangat berubah karena pengalaman 🙂 So..kalau ada kesempatan silahkan dicoba, kalau takut atau gak yakin bisa ambil diving license, ikutan intro Dive dulu. Anemon…sampai ketemu di Bali yawww!!!

 

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

