Drunk

Drunk

Saat saya pertama kali menginjakkan kaki di Palau, saya langsung suka tempat ini. Alamnya masih asri, udaranya bersih.walaupun Negara kecil tapi mereka lebih sadar untuk memelihara lingkungan dari pada kita di Indonesia.  Saya  sering melewatkan hari libur saya dengan jalan-jalan ke destinasi wisata mereka, atau berenang di laut, snorkeling atau jogging dari apartemen ke downtown. Paling sering jogging ke downtown atau tract untuk lari yang kebetulan letaknya memang di tengah kota jadi habis jogging bisa langsung shopping 😀

Jogging pagi hari ataupun sore hari di Palau harus hati-hati karena banyak yang mengemudi sambil mabuk. Kecelakaan yang terjadi di Palau mayoritas karena mengemudi sambil mabuk. Bahkan ada turis yang mati tertabrak mobil saat jogging pagi hari. Saya juga sering melihat mobil disini ringsek karena kecelakaan dan mayoritas kecelakaan tunggal, nabrak tiang listrik, bukit, jalan, pagar rumah orang bahkan nyemplung  ke laut dan itu karena pengemudinya sedang mabuk. Pernah saat saya sedang mengantar salah satu staff yang sakit di Belau Hospital ada 2 orang polisi datang membawa bapak-bapak yang mulutnya jontor 5 centi dan jalan tertatih-tatih karena habis tabrakan. Saya tanya kenapa? Polisinya menjawab santai “ Biasa lah madam, weekend kecelakaan tunggal karena sedang mabuk “.

Masyarakat Palau hampir mirip dengan masyarakat di Indonesia bagian timur. Mereka menyukai minum mabuk pada akhir minggu. Setidaknya itulah yang saya alami selama 10 tahun hidup di Papua. Jaman saya SD di Papua dulu, sering pada minggu atau senin pagi saya menemukan orang mabuk tidur di pinggir jalan. Di Palau mereka mulai pesta minum pada jumat malam dan berlanjut pada sabtu malam. Kebanyakan minggu malam sudah berhenti minum karena harus bersiap kerja keesokan paginya. Tapi sebagian orang yang sudah kecanduan menyambungnya hingga minggu malam dan berakhir dengan tidak kerja di hari senin dengan mengandalkan DC dari Dokter atau bahkan alpha 😛

Tidak hanya Palauan saja yang hobby mabuk, pendatang dari Philiphine sama. Hanya saja mereka biasanya pesta mabuk sehabis memenangkan pertandingan basket, ada pesta ulang tahun atau menemani teman yang patah hari hehehe!

Pada suatu hari di daerah Top Side saat saya melintas, sempat terlihat patung di jalan yang menyerupai  malaikat. Saya tertarik untuk melihat dari dekat. Rupanya itu merupakan tugu peringatan untuk seorang anak berumur 7 tahun ( saya lupa namanya siapa ) yang meninggal tertabrak mobil saat naik sepeda menuju rumah. Dan pengendara mobil itu sedang mabuk, tragis ya… Buat saya pribadi silahkan bila ingin minum sampai mabuk ( yang bagi saya sendiri alangkah sayangnya menikmati minuman bila sampai mabuk, apa enaknya? ) yang penting tidak merugikan orang lain.  Seringnya manusia mengkambinghitamkan “mabuk” untuk menaikan PeDe mereka menantang seseorang berkelahi, mencari ribut di pentas dangdut, atau menjadi perenggut nyawa manusia lain. Jangan mau di bonceng atau di supiri teman atau siapun bila mereka sedang mabuk. Lebih baik naik taxi atau nebeng teman lain yang kita tahu tidak minum. Dan bila anda yang mabuk, pastikan anda tahu dan yakin sebelumnya dengan siapa anda akan pulang. Don’t drive when you drunks!

 

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Palau and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

