Kedonganan Beach

Kedonganan Beach

Kedonganan Beach

Terletak di wilayah Jimbaran, disanalah tempat favorit tourist asing maupun domestic untuk menikmati makan malam sea food. Di sepanjang bibir pantai menjamur kafe-kafe ikan bakar yang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Yang ada hanya ramai atau ramai sekali 😛 padahal di tempat ini pula Bom Bali kedua terjadi.

Pertama kali saya kesini sekitar 12 tahun yang lalu, kafe-kafe ini hanya seperti warung makan yang menyediakan meja dan kursi di pinggir pantai. Menunya sea food bakar, dengan sayur kangkung pedas yang beri nama plecing dan beraneka ragam sambal. Dari sambal matah, sambal terasi sampai sambal kecap. Berkali-kali kesini saya tidak pernah bosan, saya coba kafe dari ujung ke ujung. Ada yang masakannya standard ada yang enak banget. Ada yang pakai angkin sebagai piring ( anyaman rotan yang dibentuk piring kemudian di alasi daun pisang ) ada yang pakai piring keramik. Harga bisa ala carte atau paketan buat sendiri atau berempat. Satu paket sekitar 112 ribu  rupiah sudah termasuk sayur, minum, nasi, empat macam sambal, ikan, cumi, udang dan kerang. Sekarang kafe-kafe ini sudah berbenah diri dengan menambahkan bangunan permanen dan pintu pembatas antara out door dan indoor, karena tahun-tahun belakangan angin pantai yang kencang tidak hanya berhasil menerbangkan pasir tapi juga payung pantai, bahkan meja dan kursi. Pada saat musim angin tiba maka kita tidak bisa makan out door.

Pagi hari kesini bisa olah raga ( jogging, surfing, boarding ) atau sekedar main bola dan berenang. Seringnya  untuk membeli ikan. Kita bisa beli langsung dari nelayannya atau pergi ke ujung utara menuju pasar ikan yang uniknya mayoritas penjual adalah pendatang dari MADURA 😀 ikan disini walaupun segar-segar tetap hati-hati ya, kadang merka mencampurnya bila kita lengah. Ikan yang tidak segar gak akan terasa bila di bumbu atau di goreng, tapi akan terasa hambar bila di bakar. Kita bisa minta ikan sekalian dibersihkan dan dipotong-potong. Bahkan kalau malas memasak di rumah kita bisa minta di bakarkan dan sekalian di kasih bumbu serta sambal dengan membayar Rp. 25.000. enak, sampai rumah tinggal makan.

Disini sekarang dibangun semacam dermaga, yang kegunaanya untuk menaik turunkan orang yang mau mancing pakai kapal atau mancing aja langsung di atas dermaga. Tapi ikannya sedikit, mending langsung nyewa kapal trus berangkat agak ke tengah laut. Harga sewa perahu untuk mancing sekirat 400 ribu untuk seharian. Layak dicoba untuk yang berani mancing ke tengah laut, ombaknya gak besar jadi aman lah…

 

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali, Beach and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s