Made in Bali ( 2 )

Pada tulisan terdahulu saya sudah membahas tentang penamaan anak di Bali sesuai dengan urutan kelahiran. Disini saya akan membahas penamaan sesuai dengan kasta. Di bali yang mayoritas penduduknya Hindu masih mengenal kasta pada stata social. Kasta bisa dibagi menjadi 4 tingkat sebagai berikut :

Kasta Brahmana : Ini adalah kasta tertinggi di bali, yang masuk pada kasta ini adalah golongan pemuka agama, disebut pedanda. Nama yang bisa diberikan adalah Ida Bagus bagi laki-laki dan Ida Ayu bagi anak perempuan.

Kasta Ksatria :ini dimiliki oleh para Raja dan keturunan bangsawan. Nama yang digunakan adalah Gusti, Anak Agung dan Cokorda.

Kasta Waisya : Dulunya diberikan kepada mereka yang punya kepandaian atau kemampuan tertentu, seperti Pande Besi atau pedagang. Nama yang dipakai adalah Dewa, Desak, Sang Ayu.

Kasta Sudra : Diperuntukkan untuk rakyat biasa. Pada kenyataan sekarang, banyak pernikahan silang yang terjadi antar kasta, walaupun masih juga banyak yang mencari kasta yang sama. Dan golongan sudra pun sekarang sudah banyak yang menjadi pengusaha ataupun pejabat. Jadi sudah tidak terlalu kentara perbedaannya. Intinya penamaan ini sekarang masih berlangsung sebagai satu kebudayaan unik di Bali, tidak lagi terlalu menjadi pengkotak-kotakkan kelas dalam masyarakat.

Pada saat seorang wanita dari Kasta lebih tinggi menikah dengan pria yang berkasta lebih rendah atau beragama lain, maka dikenal dengan istilah kawin lari. Kawin lari ini bukan benar-benar lari sembunyi dari keluarga, tapi istilah untuk menggambarkan keadaan yang terjadi. Si wanita diharuskan sembahyang ke Pura dan membuat banten ( Sesajian untuk Dewa ) serta berpamitan ke Sanggahnya. Diibaratkan wanita ini sudah pamit untuk keluar dari lingkaran atau lingkungan serta tanggung jawab dari keharusan sembahyang di Pura dan Sanggah keluarga.

Bila Pria dari Kasta yang lebih tinggi menikah dengan wanita di kasta bawahnya, tidak terlalu dipersoalkan karena di adat istiadat Bali dikenal system Patrelinial. Yaitu mengambil garis keturunan ayah, maka anak yang lahir akan mengikuti kasta ayahnya, dan ibunya biasa di tambah panggilan Jro.

Unik ya… 😀

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s