Lava Tour Merapi

Merapi termasuk salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, letusan terakhirnya terjadi pada 26 October 2010. Mbah Maridjan yang saat itu menjadi “Kuncen” atau juru kunci merapi pun ikut menjadi korban pada letusan 2010 tersebut.

Lima tahun setelah itu wisata Jeep yang mengelilingi Merapi atau yang beken dengan sebutan Lava Tour Merapi jadi naik daun. Jeep Willys tua peninggalan PD 2 dan Jeep Toyota Land Cruiser banyak dijajakan untuk wisata Merapi ini. Tarif di patok Rp. 300.000 untuk 1.5 jam dan Rp. 400.000 untuk wisatawan asing. Jeep bisa ditumpangi 4 orang maximal. Saya bersama suami dan anak saya di patok harga Rp. 400.000 tapi dengan durasi lebih lama yaitu 5 jam.

Saat itu masih pukul 8 pesawat kami baru saja mendarat di Bandara Adi Sudjipto Jogjakarta dari Ngurah Rai Denpasar. Kami tidak mau membuang waktu langsung meluncur ke arah Kaliurang. Sewa mobil di Jogjakarta termasuk mahal bila dibandingkan dengan Bali. Saya menyewa Avansa yang di bandrol dengan harga Rp. 250.000/ hari.

Bapak pemandu kami base campnya di bawah Goa Jepang atau tepatnya di area parkir masuk hutan wisata kaliurang. Apa saja yang kami nikmati saat tour ini ? Mari kita simak,

  1. Jembatan Kali Kuning
Jembatan Kali Kuning

Jembatan Kali Kuning

Disini kita bisa berhenti sejenak untuk malakukan selfie dengan latar belakang Gunung merapi. Kalau nasib baik Gunungnya tidak tertutup awan. Kali kuning ini kata Bapak pemandu 5 tahun yang lalu dipenuhi pasir dari erupsi Merapi.

  1. Museum Mini “ Sisa Hartaku “
Museum Mini " Sisa Hartaku "

Museum Mini ” Sisa Hartaku “

Di sini dan sepanjang jalan menuju Museum ini terlihat bekas-bekas reruntuhan rumah dan sekolah saat Wedus Gembel ( awan Panas ) menerjang desa.

  1. Batu Alien
Batu Alien

Batu Alien

Batu ini besar dan kalau diamati dari jauh terlihat seperti separuh wajah Alien. Pemandangan dari sini sangat indah menuju puncak Merapi.

  1. Puncak Kaliadem

Disini kita diajak sama Bapak Pemandu untuk off road kecil-kecilan. Anak saya yang berumur 6 tahun senang banget walaupun hampir terlempar keluar jeep, idihhhh seru-seru sedap J Sebenarnya aman kok, hanya saja Justin terlalu kecil sehingga sabuk pengamannya gak fix ke tubuh dia. Disini banyak dijumpai pedagang yang menjajakan edelweis baik yang masih asli ataupun yang sudah diwarnai. Saya tidak berniat membeli, kasihan sama edelweisnya…mending di potret dan dinikmati saja via image 😛

  1. Bunker Kaliadem
Bunker Kali Adem

Bunker Kali Adem

Bunker ini awalnya dibangun untuk para penggembala atau warga yang tiba-tiba harus berlindung bila erupsi merapi terjadi. Sayangnya tahun 2009 bukan erupsi Lava yang terjadi tapi Hembusan Wedus Gembel. Sehingga ada 2 Warga yang meninggal di Bunker tersebut. Bunkernya sampai sekarang masih sangat kokoh, warga meninggal yang di evakuasi saat itu terpanggang Awan Panas Merapi. Agak serem juga sih masuk sini, seperti apa ya rasanya sunyi, gelap dan dingin. Tapi kami tidak pernah melewatkan potret memotret termasuk di bunker ini. Saat pulang saya check di kamera saya semua wajar, tapi di kamera Hp suami saya ada wajah aneh yang muncul di Jendel bunker…hiiiiii…bener kan ngeri-ngeri sedap disini 😛

Tour kita berakhir di kaliadem, saat menuju jalan ke base camp si bapak pemandu dengan baik hatinya mengajak kami off road di Sungai. Seruuuuu banget!!! Tapi kayaknya yang paling happy suami saya dhe hehehe!!! Saya sibuk pegangin DSLR saya dan anak lanang, soalnya airnya sampai muncat-muncrat ke muka. Tapi asli Tour ini seru banget, bahkan bagi anak seumuran Jt ( 6 tahun ). It’s really recomended for Family Tour, Try it guys !!!

 

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Jogja and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s