Candi Prambanan

Prambanan Temple- One of World Heritage

Prambanan Temple- One of World Heritage

Kunjungan ke Prambanan pada 2015 ini adalah kali kedua saya ke candi ini, dan masih sama dengan 20 tahun lalu, masih mempesona dengan keindahannya . Biasa juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang.  Candi ini merupakan komplek Candi Hindu terbesar di Indonesia.  Dibangun pada abad ke 9 Masehi tepatnya 850 M oleh Rakai Pikatan.

Terletak di desa Prambanan Sleman & desa Prambanan Klaten, 17 km dari Jogjakarta. Dibangun untuk persembahan kepada Trimurti yaitu Dewa Brahma ( Pencipta ), Dewa Wishu ( Pemelihara ) dan Dewa Siwa ( Pemusnah ). DItetapkan sebagai World Heritage atau situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Merupakan The Most Beautiful Temple in South East Asia. Candi ini merupakan candi untuk mengutamakan Dewa Siwa, ini dapat dilihat dengan diletakkannya Candi Siwa sebagai yang tertinggi diantara TRI MURTI lainnya. Candi utama tingginya 47 Meter.

Berbeda dengan Borobudur yang merupakan Candi Budha bentuknya lebih bulat dan melebar, candi Hindu lebih langsing. Di temukan pertama kali oleh CA Lous  pada tahun 1733 dengan kondisi yang memprihatinkan. Banyak batunya yang hilang karena dibawa ke Belanda sebagai hiasan rumah, juga di ambil warga sekitar untuk pondasi rumah.

Awalnya Prambanan terdiri dari :

3 Candi Trimurti

3 Candi Wahana ( Candi Nandi, Garuda dan Angsa )

2 Candi Apit – utra dan selatan

4 Candi Kelir – terletak pada 4 penjuru mata angin

4 Candi patok – empat sudut halaman

224 Candi Perwara

Total 240 candi sekarang hanya tersisa 18 candi, ini yang menjelaskan banyaknya batu-batu besar berserakan di sekitar Candi Prambanan. Batu-batu ini tidak bisa di konstruksi ulang bila kurang dari 73% batu aslinya ada. Hanya 18 saja sudah terlihat begitu indah, apalagi bila lengkap 240 candi. Pemugaran dan rekonstruksi Prambanan berlansung lama sejak 1930 bahkan dilakukan kembali saat setelah gempa jogja di tahun 2006.

Prambanan yang seharusnya

Prambanan yang seharusnya

Sama dengan situs Candi Borobudur, saya sarankan untuk mengunjungi Prambanan di pagi hari selain panas yang menyengat, akan rugi rasanya kalau tidak mengelilingi satu-satu candi di komplek ini. Sediakan juga air mineral supaya tidak dehidrasi.

Sumber Wikipedia

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Jogja and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s