Situs Ratu Boko ( Candi Boko )

Gerbang Kraton Ratu Boko

Gerbang Kraton Ratu Boko

Terletak di bukit dengan ketinggian 196M dari permukaan laut dengan luas 25 hektar. Karena Ratu Boko termasuk dalam kawasan Prambanan maka saat kami mengunjungi Prambanan oleh mas kasirnya ditawari untuk berkunjung juga ke Situs Ratu Boko ini dengan menambah Rp. 25.000/ pax. Karena belum pernah ke Ratu Boko jadinya tertarik juga untuk ikut tour ini. Dengan mini bus yang muat untuk 15 orang termasuk anak-anak kita dibawa menyusuri wilayah klaten diantara sawah dan rumah penduduk.

Situs Ratu Boko ini tidak seperti peninggalan bersejarah lainnya yang biasa berupa Candi atau tempat pemujaan dan persembahyangan, Ratu Boko merupakan Keraton atau istana. Hal ini Nampak dengan adanya Gerbang, pemandian dan bahkan tempat kremasi.

Dibanguan pada abad ke 8 oleh dinasti Syailendra ( bersamaan dengan dibangunnya Borobudur dan Prambanan ). Ditemukan pertama kali oleh Van Boecholzt  pada tahun 1790 termasuk dalam pegunungan sewu yang melintang dari Selatan Jogja hingga Tulungagung.

Naiknya lumayan tapi gak capek-capek amat, karena tangga dan jalannya tidak curam. Kalau lapar di pertengahan jalan menuju gerbang situs ada yang berjualan pop mie. Tapi ingat sebaiknya kemana pun ada bila mengunjungi situs purbakala atau candi, jangan lupa bawa air mineral ya…..jangan sampai dehidrasi, terus batuk, jadi gak asyik lagi liburannya.

Sebenarnya paling bagus mengunjungi situs ini saat sunset, karena letak matahari terbenam bisa pas di antara gerbang, hasil fotonya keren banget. Tapi kami saat itu datang di siang hari, jadi hasil foto agak kebanyakan cahaya. But no worries ya…yang penting sudah  sampai sini.

Ratu Boko View

Ratu Boko View

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Jogja and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s