Kebun Raya Bedugul

IMG_1046

Bila kita bilang mau ke Bedugul, pastilah tempat yang akan kita kunjungi adalah Kebun Raya Eka Karya Bali. Terletak di ketinggian 1250-1450 dpl dengan suhu rata-rata berkisar 10-25 derajat celcius dengan kelembaban 70-90%. Jaraknya 60 km dari denpasar terletak di tengah-tengah pulau Bali. Kebun Raya ini adalah Kebun botani atau taman botani tropis. Terletak di desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan.

Saya selalu suka Bedugul karena udaranya sejuk, banyak Angrek dan tanaman Langka. Seingat saya kunjungan kali ini adalah yang keempat. Sebelumnya saya ke Bedugul karena Study Tour SMA, saat itu yang saya ingat adalah Taman Botani yang dingin dan berkabut. Kali kedua karena ada acara Outing / team Building dari Kantor, saat itu hujan gerimis dan berkabut tentu saja dinginnya masih sama. Ketiga saya datang dengan teman khusus hanya ingin melihat bunga bangkai mekar. Sayangnya bukan Rafflesia Arnoldii seperti yang di lampung Sumatera, tapi Bunga Bangkai raksasa yang sebagian orang menyebutnya suweg (Amorphophallus titanum Becc ). Kunjungan keempat pada February tahun ini dan saya ingin menikmatinya dengan cara lain, saya mau piknik 😉

Biasanya saya ke Bedugul makan dari nasi kotak, restaurant sekitar Bedugul atau hanya bawa snack. Kali ini saya ajak keluarga saya untuk sekalian piknik, jadi saya bawa bekal lengkap dari rumah. Ada nasi kuning dengan lauk lengkap sampai kopi saset yang siap diseduh karena sekalian bawa tremos air panas heheehe niattt sayaaaaaa 😛

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Tidak seperti hari minggu biasanya, hari itu jalanan di Denpasar sepi. Wahhh asyik, saya pikir bakalan lancar gak macet, karena perjalanan ke Bedugul lumayan jauh kan. Eeehhh gak tahunya saat mendekati Bedugul, macetttt kita 😦  tumben-tumbenan mau masuk bedugul aja kok ngantrinya hampir satu jam. Baru ingat kalau saat itu masih suasana kuningan, lha pantes…manis kuningan saat untuk jalan-jalan bagi umat Hindu Bali. Untuk memasuki area Kebun Raya kita dikenakan biaya Rp. 10.500 sebagai biaya parkir mobil, dan tiket dewasa Rp. 6.000. Tidak seperti biasanya Kebun raya penuh sesak dengan parkir mobil, udaranya juga kok gak dingin ya…cenderung panas dan lembab. Padahal sempat hujan juga, hanya saat kita akan pulang turun kabut tebal tapi juga hanya sebentar. Rencananya pulang dari Bedugul beli Strawbery di kebunnya metik sendiri, ehhh kebunnya lagi gak panen kita disuruh datang 3 bulan lagi 🙂 🙂 nasiibbbbb !!! Udah gitu mau beli strawbery di jalan susah parkir karena macet, takut dimaki-maki orang yang kena traffic jamp. Nekat ke pasar Bedugul, sampai disana juga gak ada orang jual strawberry…ealahhhhhh…. 😀

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

