Jamur dan Cendawan ( Mushroom and Toadstool )

Jamur Madu

Jamur Madu

Bali sedang musim hujan, musim hujan yang datang bukan masanya. November dan Desember 2015 kemarin tidak hujan, musim hujan malah datang di bulan Juni 2016. Jadinya gak nyanyi November Rain 🙂 Disetiap musim hujan, jamur banyak kita jumpai di halaman. Dan sejak membaca “Partikel” nya Dee Lestari, saya jadi suka mengamati Jamur 😛

Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil ( zat hijau daun ) sehingga bersifat heterotof. Heterotof adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik untuk pertumbuhannya. Sehingga jamur tidak dapat membuat makanannya sendiri tapi tergantung pada yang lain atau disebut juga parasit. Istilah jamur biasanya digunakan untuk jenis yang bisa dimakan sedangkan cendawan untuk yang tidak bisa dimakan.

Tahukah anda organisme terbesar di dunia ini adalah jamur? Bukan Paus Biru yang panjang sampai 30 meter dengan berat 180 ton, melainkan Jamur madu atau bahasa latinnya Armillaria solidipes yang tumbuh dikawasan Blue Mountain Oregon, Amerika Serikat. Jamur ini menutupi kawasan seluas 965 hektar atau sekitar 1.665 kali luas lapangan sepakbola. Jamur terbesar ini ditemukan pada tahun 1998.Bukan hanya ukurannya, usia jamur ini juga sangat fantastis. Berdasarkan tingkat pertumbuhannya hingga sekarang, diperkirakan jamur ini berusia 2.400 tahun.

Jamur madu merupakan nama yang biasa diberikan pada jamur-jamur yang memiliki genus Armillaria. Jamur parasit ini mengkolonisasi dan membunuh pepohonan di sekitarnya. Saking menyebalkannya jamur ini untuk para pecinta pohon, jamur ini memiliki julukan “Gardeners Nightmare” atau “Mimpi Buruk para Pekebun”. Jamur dari jenis Armilaria biasanya berasa manis dan berwarna kuning.

Ahli biologi memang telah lama berdebat tentang apa yang didefinisikan sebagai organisme individual. Jika sebuah organisme individual didefinisikan sebagai “sel-sel yang secara genetik identik, dapat berkomunikasi, dan mempunyai tujuan yang sama atau setidaknya dapat mengkoordinasikan diri mereka sendiri”, maka jamur A. solidipes adalah pemegang rekor organisme terbesar di dunia.

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s