Mudik

Mudik adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kebiasaan  pulang ke kampung halaman saat Hari Raya Lebaran/ Idul Fitri. Saat itu adalah saat yang ditunggu-tunggu bagi warga perantauan baik itu yang merantau di wilayah Indonesia maupun yang di Luar Negeri. Fenomena Mudik Lebaran ini sepertinya menjadi sesuatu yang unik di Indonesia dengan segala suka duka dan keriuhannya.

Terus terang saya bukan penganut mudik lebaran, karena saya tidak suka macetnya suasana di Jalan dan di kota tujuan mudik saya “ Jogjakarta “ tercinta. Tapi saya sangat menghargai dan ikut senang melihat teman dan saudara yang sampai dengan selamat di tempat tujuan mudiknya.  Bagi saya, mudik tidak harus lebaran, karena saat mudik biasanya saya gunakan juga buat jalan-jalan. Jadi kalau crowded gitu…yaaa…gak bisa nikmati liburan lah ya 😛

Yang dibuat report saat mudik banyak banget, gak Cuma Polisi dan DLLAJR yang mengurusi Jalan lintas para pemudik, Tapi juga Bos anda yang harus pintar-pintar membuat dan menukar jadwal kerja anda, Juga Bank atau tempat penukaran uang yang anda satroni untuk menukarkan uang dalam pecahan kecil biar bisa bagi-bagi salam tempel buat para keponakan. Lalu para penjaga Toko Pakaian dan tukang jahit yang dikejar-kejar menyelesaikan jahitan buat Lebaran di Kampung. Ada juga Tukang bikin kue yang sampai tidak tidur buat menyelesaikan pesanan kue kering anda, wah…banyak dhe pokoknya…yang intinya membahagian dan barokah walaupun repot 😀

Saat Lebaran ini dipakai untuk bermaaf-maafan , silahturahmi dan nyekar. Inilah yang membuat orang memilih waktu saat Lebaran untuk mudik. Karena bila hari lain mungkin liburannya gak bisa bersamaan, jadi gak bisa ketemu sama semua saudara. Bisa sekalian Reuni juga, karena biasanya teman sekolah kita juga mudik Lebaran entah yang muslim maupun non muslim.

Saya  juga salut sama yang mudik naik motor, pada kuat-kuat banget ya touring begitu. Tapi mbok ya dilihat juga, kalau anak masih kecil jangan terlalu ngoyo, beberapa tahun lalu ada yang harus pulang bawa jenasah anaknya yang masih bayi karena mudik pakai motor dan anaknya kurang oxygen. Yang naik mobil pasti orangnya sabar banget ya…tahun ini macet di Brebes sampai segitunya….berjam-jam gak gerak, kalau saya mah….gak bakalan sabar L Walaupun naik pesawat pulang ke Jogja, lah…pas di jogja kemana – mana kan juga harus lewat darat. Saya sudah males aja bayangin Jogja yang macet. Saya malah jatuh cinta pulang ke Jogja saat awal puasa, jogja sepi….semua murah…dan di pantai rasanya milik pribadi. Tapi ya itu…gak bisa reuni…paling hanya satu dua sahabat yang memang tinggal di Jogja yang bisa kita ajak silahturahmi.

Saya hanya tidak habis fikir, orang yang maksain diri harus mudik dengan berhutang, mencuri dan pemaksaan keinginan lainnya. Lha wong gak mudik yo gak apa-apa kok.Kalau uangnya belum banyak, ya gak usah mudik, dikirim saja uangnya biar berkah. Kangen sama orang tua dan saudara kan ya wajar wong ya jauh…bisa ditebus hari lain toh..saat uang sudah terkumpul. Minta maaf kepada ortu kan ya sebisa mungkin sering, masak harus nunggu lebaran. Tapi ya itu…namanya sudah tradisi, orang punya pemikiran masing-masing.

Mudik memang banyak ceritanya, andI  Love to hear the story…but not the one in the story 😉 Lebaran tahun ini saya dan keluarga memilih untuk di Bali saja, istirahat, tidak open house, tidak masak-masak dan tidak jalan-jalan. Walaupun kangen juga Susana lebaran yang heboh di keluarga Mama di Sidoarjo, tapi itu bisa kita lakukan di liburan lain bukan saat Idul Fitri. Toh mereka memang tinggal disitu, gak bakalan kemana-mana. Happy Mudik Lebaran ya Guys….enjoy the journey and family time…!!!

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s