Serangan Beach

Serangan dulunya adalah sebuah pulau yang terpisah dari Pulau besar Bali. Kemudian dibuat project jalan yang menghubungkan serangan dengan pulau besar untuk mempermudah bagi yang akan melakukan persembahyangan di Pura Sakenan di Serangan. Dulu bila ingin sembahyang ke Serangan, mereka menggunakan kapal kecil. Di serangan ini ada juga yang menyebutnya sebagai Pulau Penyu karena disini dibuat penangkaran Penyu Hijau. Kalau kita ingin ke Pulau Penyu ada dua akses, melalui Nusa dua ( Tanjung Benoa ) dengan menggunakan Glass Boat, atau via darat lewat serangan langsung.

Di Serangan ini selain menjadi pusat penangkaran penyu Hijau juga dibuat sebagai tempat rehabilitasi terumbu karang. Kebetulan suami saya sempat ada kegiatan kantor untuk menanam terumbu karang di Pantai Serangan. Caranya, terumbu karang yang sudah di potong-potong di ikat dan di lem pada rangka besi sebagai dudukan. Karena terumbu karang yang akan kami tanam jumlahnya lumayan banyak, maka rangkanya lumayan besar. Kemudian dibawa ke tengah laut untuk ditenggelamkan. Hal ini dilakukan dan diawasi oleh tenaga profesional jadi jangan khawatir nantinya malah menginjak-injak terumbu karang yang sudah ada disana. Jenis yang kami tanam saat itu adalah fan coral.

Saya suka pasirnya yang berwarna emas dengan butiran kasar seperti merica. Juga banyak berserakan hard coral disekitar bibir pantai. Pantai serangan ombaknya masuk midle tide buat para surfer, selain bisa buat surfing, banyak juga yang memancing disini. Sayangnya pantai agak kotor. Entah karena sampah terbawa dari sungai seperti di Kuta, atau karena memang banyak pengunjung yang suka buang sampah sembarangan.

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali, Beach and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s