Wisata Kuliner Jakarta

Sebenarnya kami tidak banyak mencoba makanan yang ada di jakarta, karena memang niatnya jalan-jalan. Juga karena kami tinggal di rumah kakak ipar jadi lebih sering makan di rumah. Tapi dalam kesempatan jalan itu ada juga yang bisa kami nikmati, dan salah satunya adalah makanan khas Betawi “Kerak Telur”. Cucokkkk dahhh!!!!!

Kerak Telur – Monas
Salah satu cita-cita saya saat berkunjung ke Jakarta selain naik ke puncak Monas adalah mencoba makanan khas Betawi, KERAK TELUR langsung di tempatnya, di Jakarta. Ada sih kerak telur di Bali tapi saya maunya yang di Jakarta ( hehehe maksa pokoknya ). Untungnya saat panas-panas dan capek habis turun dari Monas kita nemu penjual kerak telur di sekitaran tempat makan di Lenggang Jakarta.

Cara membuat kerak telur ini unik juga, terus terang ini adalah kali pertama saya melihat dan mencicipi makan unik ini. Pertama Nasi ketan yang sudah di rendam digoreng tanpa minyak pada wajan yang sudah dipanasi menggunakan anglo. Anglo adalah tungku terbuat dari gerabah/ tanah liat yang bahan bakarnya arang. Kemudian dimasukkan telur mentah satu butir, boleh telur bebek boleh telur ayam ( harganya berbeda ). Setelahnya ditaburi sawur atau serundeng ( Kelapa parut yang disangrai dan diberi bumbu ), sawurnya bisa pilih pedas atau tidak. Kemudian di balik, terus matang dan dibungkus atau disajikan. Enaknya makan saat panas-panas, satu saja sudah kenyang sampai malam 🙂 Harganya Rp. 20.000 – 25.000 / bungkus.

Lenggang Jakarta – Monas

Ditempat ini kalau belum sarapan mau naik monas sarapan dulu ya disini, biar kuat disiksa saat antri naik ke puncak hehehe. Sistemnya disini kita beli voucher dulu, kemudian diisi mau Rp. 100.000 sampai berapa kita mau. Kalau habis bisa di Top Up, dan kartu yang digunakan adalah Etoll atau E-Money jadi bisa dipakai untuk bayar tol juga. Makanan yang dijajakan bervariasi dan rasanya lumayan juga. Gak murah sih…tapi gak mahal juga, standar Food Center gitu dhe!!!

Bandar Jakarta – Ancol

Saat itu sudah sore, kami baru habis putar-putar Monas dan Kota tua. Teman mengajak ketemuan di Bandar Jakarta Ancol. Saya tanya ke teman, ada apa di Bandar Jakarta? Karena dalam benak saya, Bandar Jakarta adalah pelabuhan jadi pasti banyak kapal dan ikan, amis gak? Hahahaha…rupanya Bandar Jakarta adalah Restaurant Sea Food. Ya emang benar ada kapal yang bisa kami gunakan untuk berlayar, ada ikan juga…banyak…sea food yang siap kami santap hehehe. Disini seperti di Kedonganan di Bali, pilih…timbang…kemudian di masak sesuai selera kami, di asam manis, bakar, goreng dsb. Tapi harganya jauh lebih mahal dari Bali ya friends 😦 Masakannya enak bangetttssss….TOP MARKOTOP dah… Udang masak madunya enak banget..ini favorit saya. Cumi goreng tepung ( Calamari ring ) juga gak keras. Ikan bakar juga enak, bumbunya meresap. Kerangnya juga matang sempurna, gak ada yang gak enak, very recomend dhe…! Selesai makan, kami naik kapal keliling sekitaran malam-malam hehehe…ini gak gratis ya.. bayar Rp.. 200.000 untuk sekitaran dan Rp. 400.000 untuk yang agak jauhan. Kakak ipar saya awalnya gak mau ikutan, saat dipaksa-paksa akhirnya mau…dan gak papa kok. Karena angin tidak terlalu kencang jadi ombak juga hampir tidak ada. Anak saya mah seneng banget kalau urusan beginian 😛 Terima kasih sekali lagi ya Auntie for makes it happend ❤ ❤ ❤

American Grill – Artha Gading
Hari ini pas hari terakhir kami di Jakarta, setelah dari TMII kami meluncur ke Artha Gading mau makan siang dulu. Tempat yang kami pilih sesuai rekomendasi teman dicobalah American Grill. Ini restaurant Steak, dan harganya bagi saya ya….mahal…sayangnya pelayanan agak kurang sesuai dengan harganya. Pelayannya ramah sih iya…tapi kurang cekatan. Piring, sendok dan garpu tidak disiapkan, sampai akhirnya makanan datang kami harus minta dulu baru disediakan. Makanan keluarnya luamaaaa….padahal saat itu tidak terlalu ramai. Makanannya enak sih iya, but with those prices ya…I expected more 😀 Untung lho ya…kami gak ketinggalan pesawat gara-gara makanannya lama hihihi…. Alhamdulilah banget…Puji Tuhan, Liburan kami di Jakarta kali ini banyak dibantu oleh my betsie….terima kasih sekali lagi buat Auntie-nya Jt, for sharing and caring…GBU and Family. For sure we will be back to Jakarta untuk menyelesaikan yang tertunda, DUFAN and Jungle Land, lanjut ke Bandung untuk Kawah Putih dan Tangkuban Perahu. Next time…we will…

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Cuisine, Jakarta and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s