Trip to Lembongan and Ceningan

Sanur Harbour

Saya berasa sudah seperti orang Bali saja, 17 tahun tinggal dan bekerja di Bali hampir semua tempat wisata sudah saya kunjungi. Yang katanya main stream sampai yang anti mainstream 😛 Tapi saya baru tahu kalau di Bali ada pulau yang namanya Lembongan dan Ceningan sejak 2 tahun yang lalu. Awalnya saya pikir itu masuk wilayah Lombok, yang saya tahu Bali punya Nusa penida saja hehehe Kuperrrr!!! Atau lebih tepatnya KUPIK..alias kurang piknik 😀 Sampai suatu ketika Nunung ( temen satu tempat kerja ) cerita tentang trip kesana. Saya lihat foto-fotonya kok keren ya..akhirnya bercita-cita kalau pas ada libur pengen sekeluarga main kesana.

Jadilah saat liburan sekolah anak tahun ini kita pastikan kesana. Dari browsing hotel, how to get there, tempat makan mana saja yang asik, berapa budget yang harus disediakan dan wisatanya mau kemana saja. Bersyukur banget jaman sekarang apa-apa bisa cari info di internet. Ditambah info dari Nunung tentang estimasi biaya, harga boat plus seorang teman yang mau nemenin kita liburan kesana. Kebetulan Stevan ( namanya ) sudah tiga kali ke Lembongan, jadi berasa sudah siap banget liburan kali ini.

Yellow Bridge

Kalau mau ke Lembongan otomatis kita akan dengan mudah ke Ceningan, karena dua pulau itu dihubungan dengan Yellow Bridge atau yang biasa disebut juga Jembatan Cinta. Entah kenapa namanya begitu, mungkin karena banyaknya pasangan yang menyempatkan diri foto berdua setiap kali melewati jembatan ini. Jembatan ini sempat ambruk setahun lalu katanya dan dibangun lagi dengan lebih kokoh. Bisa juga langsung naik boat ke Nusa Penida dari Lembongan hanya Rp. 40.000 sekali jalan. Kalau mau trip sehari saja di Nusa Lembongan dan Ceningan bisa banget, pagi naik fast boat yang paling pagi dari Sanur jam 8.00 dan balik dari Lembongan yang boat paling sore jam 5.00. Tapi kalau mau santai-santai menikmati hari ambil trip yang dua hari satu malam, jadi malamnya menginap di Lembongan atau Ceningan.

Berapa biaya yang diperlukan? Gak banyak kok, saya kasih gambarannya ya… Untuk boat satu orang PP Sanur – Nusa Lembongan paling mahal Rp. 200.000, bahkan bisa dapat Rp. 150.000 saat low season. Untuk anak dibawah 12 tahun dapat harga PP Rp. 150.000. Itu belinya langsung ke loket ya, disepanjang pantai Sanur banyak loket yang jual. Kalau lewat Tour Desk paling murah PP kena Rp. 300.000. Tinggal pilih aja jam berangkat dan kapal operatornya. Ada Sri Rejeki, Scooter, Rock dan banyak lagi. Mereka punya jam keberangkatan masing-masing. Mau naik Kapal nelayan juga boleh tapi waktunya jadi satu jam, kalau naik fast boat hanya 30 minutes.
Kemudian hotel atau penginapan dari Rp. 200.000 / day ( penginapan atau guest house )sampai Rp. 700.000 / day( ini sudah Hotel bintang 3 atau villa ). Kalau yang lebih mahal lagi juga ada, biasanya karena viewnya laut atau bisa melihat langsung sunset/sun rise dari balcony. Tinggal pilih saja ekspetasinya apa, jadi kalau bayar Rp. 200.000 ya jangan berharap kamarnya menghadap pantai dan ada air panasnya ya… 😛 Kalau saya sih…view gak usah bagus, kan kita tinggal keluar dikit udah dapat pantai, yang penting ada AC udah passss!!! Makan disana antara RP.25.000/ porsi untuk makan standard ( mie goreng, nasi goreng ) sampai yang Rp. 80.000/ porsi di fancy restaurant. Sewa motor selama di Lembongan antara Rp. 70.000 – Rp. 100.000/ day tergantung kenal apa gak sama yang nyewain hahahaha 

Sudah, segitu aja…gak banyak kan…tapi worth it kok bagi kami, kalau yang gak berani naik boat ya jangan…karena saat ombak pasang kalian akan sangat terguncang-guncang. Mau naik dari Sanur pake perjuangan dihempas hempas ombak dikit, diatas boat dikocok – kocok perutnya, naik dari lembongan pas sore jalan dulu agak ke tengah karena airnya surut jadi kapal gak bisa sandar di bibir pantai. Mau turun di pantai Sanur pas sore and ombak pasang waduhhh…lebih seru, karena ombaknya jauh lebih gede hahaha…Justin sampai harus digendong pas turun dari boat di pantai Sanur takutnya nyungsep. Untuk detail tempat wisata yang bisa dikunjungi akan saya tulis di chapter selanjutnya ya. Happy reading…:)

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali, Beach and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s