What to do at Lembongan & Ceningan ( Chapter 2 )

Mushroom Beach
Musroom beach ini sudah kayak Legian aja…banyak banget turis bule disini. Bar dan kafe juga bertebaran dipinggir jalan. Disini ada ATM BRI, bisa narik kalau pas kehabisan cash. ATM BRI yang lain letaknya di Jungut Batu. Saya disarankan untuk banyak-banyak bawa uang tunai karena hanya ada 2 ATM di Lembongan. Tapi jangan khawatir, kebanyakan di restaurant atau Cafe besar mereka sudah menyediakan mesin EDC untuk Credit Card atau Debit.

Devil’s Tear


Teluk di Nusa Lembongan ini seperti Water Blow di Nusa Dua, biasa dikunjungi buat lihat air muncrat hehehe. Bedanya disini airnya berwarna Tosca kalau di water blow dark blue. Ramainya gak kira-kira, banyak banget turis kesini dan mayoritas dari Cina. Sampai susah kita mau cari spot selvie 😀 Tamu Cina yang kesini juga gak kira- kira cara berpakaiannya. Masa ya Island hoping pake bajunya grenje-grenje and rumbai-rumbai. Katanya sempat beberapa turis nyemplung di teluk ini karena dress/ syallnya keinjek lalu kehilangan keseimbangan.

Sandy Bay Beach
Disebelah Devil’s tear ada pantai yang cukup landai namanya Sandy Bay. Disini bisa dipakai buat renang. Ada restaurant dan hotel yang langsung menhadap ke pantai ini.

Mangrove Tour


Sebelum sampai di Nusa Lembongan, kami sudah berencana akan melakukan mangrove tour. Bukan karena kami belum pernah ke hutan mangrove, tapi lebih karena kali ini kita bisa tour pakai sampan. Kalau sebelumnya kami pernah tour mangrove jalan kaki, menyusuri jembatan-jembatan kayu ( di tanah kilap by pass Ngurah Rai ) kali ini mau coba yang lain. Pada hari terakhir di Lembongan pagi-pagi kita sudah siap sedia mau ke magrove…eeeehhhh gak tahunya gak bisa lewat, karena di daerah magrove lagi ada Upacara adat, sembahyang di Pura. Tapi saya tidak patah arang, kami ke arah selatan dari hutan bakau yang pertama, karena kemarinnya sempat lihat ada tour magrove di bagian selatan. Sampai disana benar saja..rupanya bisa tour magrove dari tempat yang tidak biasanya. Bapak yang mengantar kami sudah lumayan berumur, jadi saat dia minta Rp. 150.000 buat kami berempat satu sampan, langsung saja kami setuju. Awalnya saya pikir tour ini akan seperti naik sampan di sanur saat kanoan, atau di Palau, atau di hutan Kalimantan sana. Airnya tenang dan banyak cicitan burung …jadi suasananya hening-hening syahdu gitu….  elahhhdalaaahhh…lha kok ini terguncang dan berayun ayun ya hahahha…Seru sih sebenarnya, apalagi saat kami berada dibibir selat antara nusa lembongan dan nusa penida ombaknya lumayan besar. Tapi jadinya saya mabokkkk!!! Pusing, naik turun gitu….pas dihantam ombak juga hiiiiiii….serasa nelayan tradisional saya 😛

Gala – Gala

Ini disebut goa buatan, lebih tepatnya rumah dalam tanah. Walaupun hanya goa buatan, tapi sempatin kesini ya kalau sudah sampai lembongan. Karena ini unik, dibuat oleh Bapak Made Byasa saat usianya 75 tahun dan selesai saat usianya 90 tahun. Ada 7 jalan masuk dan keluar di goa ini silahkan pilih yang mana, saya sih pilih jalan masuk yang paling landai dan jalan keluar yang paling gampang 😛 Hampir saja anak saya Justin yang berusia 8 tahun gak jadi ikutan turun. Dia jiper juga lihat tempatnya gelap dan harus turun dengan terjal. Setelah dibantu akhirnya dia berhasil, bahkan senang berlama-lama di dalam goa. I am very proud of him ❤ karena banyak juga yang tidak berani turun di goa ini, hanya menunggu teman atau ayahnya dari atas. Untuk history kenapa dibuatnya rumah dalam tanah ini, silahkan baca di image yang saya attach dibawah ini.

Berakhirlah liburan 2 hari kami di Lembongan dan Ceningan, untuk info tempat makan yang enak akan saya tulis di minggu depan.

 

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali, Beach and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s