Pura Tanah Lot

Pura Batu Bolong

Ini adalah kali ke empat saya mengunjungi Pura Tanah Lot. Pura ini unik karena terletak di karang agak menjorok ke laut. Walaupun sudah sering, baru kali ini saya ketemu dan ngeh ada Pura Batu Bolong disini. Disebut Pura Batu Bolong karena terletak di karang yang bawahnya bolong akibat abrasi laut. Pura ini cantik sangat Instagramable terutama saat Sunset ataupun saat musim upacara Adat.

Terletak diwilayah Tabanan yang dari Denpasar bisa ditempuh 1 hingga 1.5 jam perjalanan. Tiket masuknya Rp. 20.000/ pax dewasa dan Rp. 15.000/ pax anak-anak. Untuk Mobil Rp. 5.000. Banyak yang bisa dibeli disini contohnya baju dan kain Bali, makanan dan minuman. Saya paling suka nyari Klepon Bali disini. Klepon Bali rasanya beda dengan klepon jawa. Kalau klepon Bali agak keras tidak sepulen klepon jawa, tapi tetap enak kok..cobain dhe kalau kesini.

Ini salah satu Pura yang tidak pernah sepi pengunjung. Di Pura Tanah Lot terdapat Goa yang di dalamnya terdapat Ular laut. Menurut warga sekitar Ular Laut itu suci karena merupakan jelmaan dari selendang pendiri Pura. Pendiri Pura sendiri adalah Brahmana dari tanah Jawa bernama Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan misi penyebaran agama Hindu di Bali pada abad ke 15M.

Saran saya kalau kesini, datanglah sekitar pukul 4 sore ke atas, belanja-belanja oleh-oleh dulu. Kemudian beli klepon atau ngopi-ngopi cantik di warung/ kafe yang tersebar banyak disini. Atau Nyari es krim durian atau es krim kekinian yang banyak juga dijual, setelah itu sekitar pukul 6 sore lihat sunset. Jangan lupa untuk mampir di Pura Tanah Lot dan 2 pura pendamping ( salah satunya Pura Batu Bolong ).

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s