Kemenuh Butterfly Park

Saya adalah pecinta kupu-kupu. Awal ketertarikan saya terjadi saat pelajaran IPA di SD dulu mempelajari metamorfosis. Bagi saya perubahan menjadi kupu-kupu dari seekor ulat adalah karya Tuhan yang luar biasa. Ulat yang berbulu atau kadang licin mengerikan bisa menjelma menjadi Kupu-kupu yang cantik adalah maha karya  Kecintaan saya bertambah saat tinggal di Bukit Nusa Dua Bali, disini pada Bulan februari sampai Juni adalah musim kupu-kupu. Puncaknya di bulan April dan Mei, saya biasanya akan berburu memotret kupu-kupu di bukit belakang rumah. Sayangnya bukit itu sekarang sudah penuh dengan perumahan, maka makin sedikit Kupu-kupu yang dapat dijumpai.

Kepongpong perak

Saya pernah bercita-cita suatu hari saya akan mengunjungi lembah penuh kupu-kupu di Turki. Untungnya di Bali ada taman kupu-kupu. Awalnya di Tabanan, tapi niat saya kesana tidak pernah kesampaian. Sampai akhirnya minggu lalu saat Liburan Jumat Agung kakak ipar saya mengajak mengunjungi Kemenuh Butterfly Park di Gianyar. Taman kupu-kupu ini tergolong baru, tahun 2017 diresmikan dan isinya lumayan lengkap. Cita-cita saya buat fotoan sama Kupu-kupu legendaris dari Bali kesampaian, foto dengan Kupu-kupu Barongggg!!!!! 😛

Kupu-kupu Barong

Ada kupu-kupu yang hampir punah juga namanya Troydes Helena, sayapnya hitam ada kuningnya. Cantik, dan belum pernah saya lihat. Majority kupu-kupu disini sudah sering saya lihat kecuali Troydes Helena dan Kupu-kupu barong.
Harga tiket masuk resminya Rp. 100.000 / pax untuk dewasa dan Rp. 50.000/ pax untuk anak-anak. Kalau mau lebih murah bisa booking via Traveloka. Bisa dapat lebih setengah harga kalau pas promo. Kalau lapar ada restaurannya, kalau mau bawa bekal dari rumah juga boleh…ada tempat tunggu buat guide yang bersih bisa dipakai makan dan istirahat. Kalau berkunjung kesini saya sarankan untuk bawa air putih banyak-banyak ya…karena udaranya panas. Sebaiknya memang mengunjungi Tman kupu-kupu saat musim panas, karena kalau hujan mereka sembunyi jadi gak seru  Disini juga ada jual souvenir yang berkaitan dengan kupu-kupu. Yang most wanted sih ya pigura berisi kupu-kupu yang sudah diawetkan…cantik!

Troydes Helena

Walaupun baru tempat ini recomended buat dikunjungi ya…penjaganya ramah, parkir lumayan dan koleksi walaupun tidak terlalu banyak tapi bervariasi. Tempat yang bagus buat family trip, sekalian memperkenalkan metamorfosis buat anak-anak dan pengenalan kupu-kupu endemik Indonesia.

Advertisements

About Nandha

No one responsible to makes you happy, but you. One of them is with traveling/ vacation. So..lets start your journey guys :)
This entry was posted in Bali and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kemenuh Butterfly Park

  1. andi says:

    jam operasional musiumnya buka dan tutup jam berapa y?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s